Tuesday, November 18, 2014

Alat-alat sablon paling lengkap

           Bagi anda yang mempunyai jiwa usaha dan mempunyai modal yang cukup  lumayan tapi tidak mengetahui usaha apa yang tepat , kali ini saya mempunyai ilmu tentang percetakan (sablon),  siapa tau anda berminat . Namun anda tidak mengetahui alat apa saja yang dipergunakan untuk menyablon. Dibawah ini adalah alat-alat percetakan yang biasanya alat ini berada di toko khusus percetakan dan sablon.
      
      Dizaman  sekarang mencari pekerjaan bukanlah perkara yang mudah , tidak ada salahnya anda membuka usaha  percetakan ditambah rumah anda dekat dengan keramaian khususnya dipinggir jalan hal ini merupakan peluang yang tepat sekali untuk anda  membuka usaha .

     Nah .............. dibawah ini adalah alat-alat percetakan dan sablon.

1.Screen Sablon
screen     Screen merupakan bahan seperti saringan yang berfungsi sebagai perantara tinta sablon ke media sablon. Screen sablon terdiri dari berbagai macam ada yang dari kayu ataupun dari almunium rangka Screen juga memiliki berbagai macam ukuran , ada yang berukuran 25 cmx 35 cm atau 30cm x 40cm dan memiliki kode yang berbeda-beda.


2. Obat Afruk
   Bahan ini digunakan untuk mengafdruk gambar dari film ke screen ,Biasanya obat afruk ini terdiri dari dua botol, botol besar dan kecil yang bernama sentizer,usahakan dalam  mencampur disesuaikan dengan kebutuhan, karena kalau terlalu lama dan tidak  dipake sayng juga maka sesuaikan lah dengan kebutuhan anda,

3. Film Sablon.


yaitu  gambar settingan yang sudah diprint pada kertas baik itu Hvs maupun alkir . Biasanya print yang digunakan yaitu  printer laser jet karena printer laser jet memiliki kepekatan warna hitam yang merata, sehingga memudahkan ketika mengafdruk film ke screen. Film sablon biasanya diprint dikertas karkir.  apabila biala menggunakan kertas biasa mengoleskan minyak goreng.

4. Coater/mika
      Coater adalah alat yang dipakai untuk mengoleskan atau meratakan obat afdruk ke screen,  Biasanya ketika tida ada alat ini  kita juga bisa menggunakan alat lain selain seperti penggaris atau mika, dan perlu diingat keadaan permukaan pinggir mika harus rata, agar ketika prosesnya bisa rata.


5. Hair Dryer
    Dipakai untuk mngeringkan screen , karena screen yang sudah diolesi obat afdruk tidak boleh terkena cahaya matahari dengan intensitas tinggi. Oleh karena itu pake hair dryer diruangan tertutup dan agak gelap

6. Papan triplek, Busa Spon, Kain Hitam, Kacabening
      Semuanya dipakai untuk proses pengafrukan dengan menyinari screen yang sudah diafdruk dibawah lampu neon atau sinar matahari.

7. Rakel
         Rakel bermacam-macam dari yang rakel pegangan kayu sampai almunium .dari yang ukuran pendek sampai panjang sesuai kebutuhan.
Rakel berfungsi untuk meratakan dan menyablonkan tinta kemedia sablon.



8. Tinta Sablon.
           Bermacam-macam jenisnya tinta sablom tergantung kebutuhan . Banyak juga campua dicampur dengan pigmen (pewarna) dan binder (anti luntur), apabila terlalu encer bisa dicampur dengan Emulsifir (pengencer), dan apabila terlalu kental bisa di tambahkan garam sedikit, (ingat hanya sedikit saja, kalau kebanyakan bisa encer dan campuran tinta rusak)



Alat-alat sablon paling lengkap

9. Meja sablon.
        Meja sablon   berfungsi untuk  meletakkan media yang akan disablon dan proses penyinaran biasanya meja ini atasnya menggunakan kaca dengan menggunakan catok. 



10.Catok
      Catok merupakan penjepepit screen yang biasanya terdapat dimeja sablon dengan  catok yang berpareasi. biasanya digunakan untuk penjepit media sablon.




11.. Latek / Lem Kain (Lem Stiker)
      Dipakai pada waktu nyablon kaos, atau kain yang disablon lebih dari satu warna. Kalau dalam jumlah banyak lem dioleskan pada beberapa lembar triplek seukuran kaos atau media gambar yang kita sablon.

Related Post:

No comments:

Post a Comment